MotoGP lanjutkan tes pramusim 2019 di Jerez

Jakarta (ANTARA News) – Para pebalap MotoGP akan turun di sesi tes terakhir di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada Rabu hingga Kamis (28-29 November) sebelum istirahat musim dingin sebagai persiapan musim balapan 2019.

Untuk kelas premier MotoGP, dua hari tersebut akan sangat vital bagi tim untuk meneruskan pengembangan motor purwarupa 2019 mereka, dengan Jorge Lorenzo (Repsol Honda) dan Johann Zarco (Red Bull KTM Factory Racing) melanjutkan sesi perkenalan dengan motor baru mereka.

Trek di Jerez akan dibuka untuk sesi tes dari pukul 09.30-17.30 waktu setempat (GMT+1) di dua hari tersebut.

Lalu, seberapa penting tes pramusim kedua di Jerez bagi para pebalap?

“Tes di Jerez penting setelah melakukan tes di Valencia. Karena di Valencia kami mencoba berbagai hal baru, kemudian kami pergi ke Jerez untuk mencoba hal baru tersebut di trek kedua, apakah mereka bagus atau tidak,” ungkap Alex Rins dari tim Suzuki Ecstar kepada MotoGP.com.

Sementara itu bagi Andrea Dovizioso (Ducati Team) tes pramusim di Jerez tak hanya penting untuk menguji motor tapi juga untuk menentukan berbagai keputusan di musim depan.

“Menggunakan 3-4 jam dengan temperatur yang bagus akan baik untuk melakukan perbandingan material yang baru,” kata Dovi.

Baca juga: Otomotif – Vinales kembali sebagai yang tercepat di tes pramusim Valencia

Jack Miller (Alma Pramac Racing) menganggap Jerez adalah trek yang representatif untuk ters pramusim.

“Ketika kalian punya pengaturan yang bagus di Jerez, maka secara umum pengaturan itu akan bekerja baik di mana saja. Treknya cukup cepat, dan kalian akan pergi dengan perasaan yang bagus ketika harus istirahat musim dingin setelah itu,” kata Miller.

Maverick Vinales, pebalap tercepat di dua hari sesi tes pramusim di Valencia, berharap ketika tes di Jerez nanti tidak turun hujan.

“Saya kira Jerez tidak akan turun banyak hujan, dan itu akan sempurna untuk tes di Jerez,” kata Vinales.

Kemudian bagi Marquez, karena hampir semua trek MotoGP berada di Eropa, sesi tes di Jerez sangat lah penting.

“Di Eropa treknya lebih sempit dan mempunyai layout yang berbeda dan itu akan sangat penting bagi tim untuk lebih memahaminya,” kata Marquez.

T.A059/

Baca juga: Tes pramusim, Yamaha petik hasil positif di Valencia

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2018