Ribuan pelari nasional ikuti Babel Run 2018

Pangkalpinang (ANTARA News) – Sekitar 2.000 pelari lokal dan nasional mengikuti  Bangka Belitung Run 2018 10 K and Half Marathon”di Pangkalpinang pada Sabtu pagi.

“Kita berharap event bergengsi ini dapat mengoptimalkan promosi destinasi wisata dan peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah ini,” kata Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah usai melepas ribuan pelari Babel Run 2018 di Pangkalpinang, Sabtu pagi. 

Ia mengatakan kegiatan  sport tourism Babel Run 2018 memperlombakan tiga kategori yaitu 21 kilometer, 10 kilometer dan 5 kilometer diikuti peserta dari atlet berbagai provinsi di antaranya DKI Jakarta, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Barat dan provinsi lainnya.

Rute half marathon 21 K dimulai dari Bhay Park Polda Kepulauan Babel – Jalan DPRD Kepulauan Babel – Pantai Tanjung Bunga, Pantai Pasir Padi, destinasi agrowisata Bangka Botanical Garden (BBG) – Jembatan Emas dan finis Pantai Kuala Bangka.

Sementara itu, rute lari 10 kilometer dimulai di Bhay Park Polda Kepulauan Babel – Pertigaan Jalan Bandara Depati Amir – Jalan Alexander – Citraland Botanical City – Jembatan Emas ?dan finis Pantai Kuala.

“Mudah-mudahan dengan event bertaraf nasional lebih memperkenalkan objek wisata ke dunia nasional dan internasional,” ujarnya.

Menurut Abdul Fatah sport tourism ini efektif mempromosikan keindahan alam, kuliner, budaya dan keramahtamahan masyarakat kepada peserta, ofisial dan wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.?

“Peserta saat berlomba bisa menikmati keindahan alam pantai, agro wisata dan kemegahan Jembatan Emas di kawasan Pantai Kuala,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Babel, Rivai mengatakan kegiatan ini untuk mempromosikan pariwisata dengan harapan akan semakin banyak kunjungan wisatawan ke daerah ini.

“Alhamdulillah pelepasan peserta lomba berjalan dengan lancar aman, lancar dan peserta sangat antusias untuk memperebutkan mendali serta hadiah menarik lainnya,” katanya.

Pada pelepasan “Babel Run” dan “Half Marathon” tahun ini dihadiri Wakil Gubernur, Sekretari Daerah Provinsi Kepulauan Babel, Kapolda, Danlanal, Danrem, Kepala SKPD di lingkungan Pemprov Kepulauan Babel. 

Pewarta:
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2018